Popular Post

Posted by : Henny azalea Minggu, 11 Maret 2012

Pandai Sikek adalah daerah yang masuk daftar kunjungan wisata ke Sumatera Barat untuk berbelanja. Pandai Sikek merupakan sebuah daerah yang berada di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Di daerah ini ada sebuah kerajinan tenun yang disebut “Tenun Songket Pandai Sikek”. Pandai Sikek, nagari di kaki Gunung Singgalang yang terletak tak jauh setelah Kota Padang Panjang menuju Bukittinggi. Di Sumatera Barat apabila orang berbicara tentang songket dengan kualitas nomor satu, orang pasti akan menyebut songket Pandai Sikek atau tenunan antik Pandai Sikek. Hal tersebut tidaklah mengherankan karena hampir disetiap upacara adat di Minangkabau kita akan menemukan orang memakai songket Pandai Sikek sebagai pakaian dasar (sarung dan selendang).




                             
Motif-motif kain tenun Pandai Sikek selalu diambil dari contoh kain-kain tua yang masih tersimpan dengan baik dan sering dipakai sebagai pakain pada upacara-upacara adat dan untuk fungsi lain dalam lingkup acara adat, misalnya sebagai tando, dan dipajang juga pada waktu batagak rumah. Motif-motif tenun Pandai Sikek diyakini sebagai motif asli pada kain-kain tenunan perempuan-perempuan Pandai Sikek pada zaman lampau, yang namanya sebagian masih diingat oleh beberapa orang tua yang hidup sekarang.


Dalam perkembangannya songket Pandai Sikek juga mengalami kemajuan-kemajuan. Sekarang, songket Pandai Sikek tidak hanya ditemui dalam bentuk sarung dan selendang saja, tetapi juga bisa ditemui dalam bentuk hiasan dinding bermotif 'rumah gadang', ayat Kursi dan lain-lain. Juga bisa ditemui dalam bentuk aksesoris, dompet, sarung bantal, 'bedcover', dll.

                

Di nagari ini yang menjadi sumber pendapatan primadona bagi masyarakat setempat adalah sebagai pengrajin tenun atau songket. Motif-motif kain tenun di nagari ini selalu diambil dari contoh kain-kain tua yang masih tersimpan dengan baik dan sering dipakai sebagai pakaian pada upacara-upacara adat dan untuk fungsi lain dalam lingkup upacara adat, misalnya sebagai tando dan dipajang juga pada waktu batagak (mendirikan) rumah. Motif-motif tenun Pandai Sikek diyakini sebagai motif asli pada kain-kain tenunan perempuan-perempuan Pandai Sikek pada zaman lampau.
Songket Pandai Sikek kini telah dikenal diseluruh wilayah nusantara dan Asia bahkan sampai ke Eropa, Afrika dan Amerika. Ketenaran ini tidak terlepas dari dijadikannya Pandai Sikek sebagai desa wisata, sehingga menjadi tempat yang akan selalu disinggahi para turis lokal maupun manca negara yang berlibur ke Sumatra Barat.

kunjungi juga : Rumah Tenun Pandai Sikek

{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. hmm .... rancak bana....

    BalasHapus
  2. nice blog....http://kayugadangrentcar.blogspot.com www.padangsewamobil.com

    BalasHapus
  3. Mohon ijin mau ambil satu foto songket buat di tempel di blog rental ku....

    BalasHapus
  4. @kayugadang rental : Silahkan :)
    @Muhammad dhanil : Siip

    BalasHapus
  5. Thanks for sharing, artikel yang sangat menarik dan bermanfaat.. Anda ingin membeli aneka kain murah untuk membuat baju? Anda bisa memesannya di fitinline.com

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar Anda dibawah ini

Cari Blog Ini

- Copyright © HeDes - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -