Popular Post

Posted by : Henny azalea Kamis, 16 Januari 2014

Satu hari satu juz (One Day One Juz) merupakan program membaca Al-Qur'an satu hari minimal satu juz. Suatu program yang beranggotakan minimal 30 orang dimana sesuai dengan isi Al-Qur'an yang terdiri dari 30 Juz dengan membaca secara bergantian oleh para anggota group sesuai dengan urutan yang sudah dijadwalkan sehingga dalam satu hari satu group bisa mengkhatamkan Al-Qur'an 30 Juz. Groupnya dimana ??? Sampai dengan saat ini media yang digunakan adalah aplikasi Whatsaap ataupun BBM yang tentunya akan di handle oleh seorang admin yang memegang kendali group tersebut untuk menambahkan ataupun menghapus keikutsertaan anggota tersebut dalam suatu group.

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)
Sebagai Alumni ODOJ 620, saya merasakan banyak manfaat yang bisa dilihat dari program ini antaralain kebersaman dan saling mengingatkan dari rekan - rekan untuk menekankan kita agar bisa menyelesaikan tadarus satu juz. Kesulitan dalam mendisiplinkan diri untuk membaca Al-Qur'an satu juz dalam sehari bukanlah suatu hal yang bisa dianggap enteng bagi para peserta yang awalnya memang tidak terbiasa dengan  membaca Al-Qur'an setiap hari. Pengalaman yang saya rasakan sendiri membaca Qur'an biasanya ketika lagi  mood ingin baca, ketika bulan Ramadhan ataupun sehabis sholat , dan itupun hanya beberapa ayat atau beberapa halaman (kalo lagi rajin). Dengan adanya ODOJ ini, sayapun harus berusaha menargetkan bacaan saya agar bisa selesai minimal  satu juz dalam sehari agar bisa khatam dengan rekan- rekan di group. ODOJ tidak diwajibkan untuk langsung selesai dalam satu waktu (sekali baca) bagi para peserta dan bisa dibaca dengan cara mencicil bacaan dengan menandai sampe mana bacaan yang sudah dibaca dan dilanjutkan kembali pada saat kesempatan selanjutnya ( tentunya di hari yang sama) agar bisa terselesaikan satu juz.

Lapor !!! 
Masing - masing peserta harus melaporkan jika sudah menyelesaikan bacaannya. Laporannya kemana ?? yaa tentunya ke group dimana peserta tersebut tergabung, tapi lapornya yang bener yaaa.. Emang ada laporan yang salah ?? Maksudnya...jika ternyata pada waktu mendekati batas waktu khatam ternyata masih belum selesai juga atau karna sesuatu dan hal yang sedikit menghambat terselesainya tadarus, maka peserta dapat 'melelang' nya. Apa tuh lelang..??? Lelang disini adalah suatu kegiatan penawaran yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta lain membantu menyelesaikan/melanjutkan sampai dimana bacaan yang sudah/belum dibaca. tujuannya..agar group tersebut bisa tetap mengkhatamkan pembacaan Al-Qur'an secara bersama sama meskipun ada beberapa peserta yang sedang berhalangan karena sesuatu dan lain hal yang menyebabkan tidak bisa menyelesaikan bacaannya.

Komunikasi yang berkesinambungan sangat diperlukan dalam program group ODOJ ini  tentunya agar dapat memantau sampai dimana perkembangan teman teman lainnya. Semua anggota group sudah menjalankan tugasnya masing2 dalam membaca juz yang sudah ditentukan..saatnya membaca do'a khatam Qur'an. Pembacaan do'a khatam adalah tugas utama dari peserta yang kebagian membaca juz 30 untuk memimpin do'a.

Penting untuk diketahui :

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

 Rasulullah saw menegaskan bahwa orang yang terbaik di antara manusia adalah orang yang mau mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an, sesuai dengan sabdanya, ”Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan yang mengajarkannya” (H.R. Bukhari). Oleh karena itu, orang yang terbaik di dunia ini bukanlah orang yang punya memiliki harta yang melimpah, jabatan maupun pangkat yang tinggi. Namun, disisi Allah Swt orang terbaik itu adalah orang yang mau belajar al-Qur’an dan mengajarkan kepada orang lain.

 “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim804]

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. assalamualaykum, sist, aku izin pakai pict di laman ini ya. tenang, sumber gambar tetap kucantumkan. trimakasih. :)

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar Anda dibawah ini

Cari Blog Ini

- Copyright © HeDes - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -