Popular Post

Posted by : Henny azalea Selasa, 23 Maret 2010







dr.Theresia Diah Arini

Setiap wanita akan merasa cemas bila sehabis keramas melihat lantai atau sisir yang dipakai dipenuhi oleh helaian rambut yang rontok. Tentu di benaknya akan timbul pertanyaan wah kalau begini terus bisa gawat ya?


Penyebab kerontokan rambut


Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut; mulai dari stres, merokok, gizi tidak seimbang, faktor hormonal, berbagai macam penyakit sampai faktor keturunan. Karenanya, pengobatan medis yang dilakukan juga banyak, tergantung dari penyebabnya. Lebih jauh para ahli menambahkan, banyak cara pengobatan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, diantaranya : makan untuk kesehatan, dengan nutrisi seimbang


Makan untuk Kesehatan Rambut


Semua makanan yang baik untuk tubuh secara keseluruhan baik juga untuk rambut. Di antaranya makanan tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak. Namun ada pula zat-zat lain yang secara spesifik diperlukan untuk kesehatan rambut, yaitu asam lemak omega 3, vitamin B12, biotin, dan mineral seperti zat besi, seng, dan tembaga. Kekurangan salah satu zat ini seringkali luput dari perhatian kita, namun sesungguhnya berperan penting terjadinya kerontokan rambut.


Setiap bulan wanita mengalami menstruasi, oleh karena itu wanita sangat rentan terhadap anemia kekurangan zat besi. Penelitian mendapatkan defisiensi zat besi ini sering menjadi penyebab kerontokan rambut pada wanita. Sumber zat besi dalam makanan sehari-hari misalnya dari sayuran hijau, daging berwarna merah serta hati.


Vitamin B12 bersumber dari telur, serta daging-dagingan. Oleh sebab itu diperlukan suplemen vitamin B 12 bagi mereka yang tidak makan jenis makanan tersebut di atas.


Suplemen makanan yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi adalah biotin. Biotin kerap digunakan oleh dokter untuk terapi kerontokan rambut, sebab zat ini merupakan komponen utama pertumbuhan rambut, kulit serta kuku. Kita bisa saja mendapatkan biotin alami dari hati atau kuning telur, tapi untuk mencukupi kebutuhan diperlukan jumlah yang banyak. Karenanya, agar praktis kita dapat mengkonsumsi dalam bentuk suplemen makanan.


Ramuan Herbal untuk Rambut Rontok


Saat ini di pasaran banyak dijumpai ramuan herbal yang diyakini bermanfaat mengobati kerontokan rambut. Ramuan herbal tersebut sangat beragam, ada yang berasal dari tanaman asli Indonesia dan ada yang berasal dari luar negeri. Cara pemakaiannya juga bervariasi, ada yang dioleskan di kulit kepala, untuk keramas, dan ada yang diminum. Contoh herbal yang dianggap bermanfaat adalah : ginseng, jahe, cuka apel, tanaman saw palmetto, horsetail, teh hijau, dll. Walaupun diberi label sebagai bahan natural, kita perlu tetap hati-hati dalam pemakaiannya, terutama ramuan yang diminum. Pasalnya, ada juga ramuan herbal yang memiliki efek samping bagi tubuh terutama bila diminum oleh wanita yang juga menggunakan obat kontrasepsi. Karena itu, carilah informasi apa sebenarnya isi ramuan herbal tersebut, dan bila perlu konsultasikan kepada dokter.


Herbal yang aman digunakan adalah teh hijau. Beberapa penelitian di Jepang menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat meningkatkan zat tertentu yang disebut sex hormone binding globulin (SHBG) yang menghambat aktivitas hormonal pemicu kerontokan rambut. Selain itu teh hijau juga bermanfaat sebagai antioksidan dan memiliki efek anti-kanker.


Rambut Rontok dan Produk Kosmetik Rambut


Selama ini kita sudah tahu bahwa pemakaian kosmetik rambut seperti shampoo, pewarna rambut, dan pengering rambut dapat menyebabkan kerusakan rambut. Hal tersebut memang benar, namun kerusakan ini tidak sama dengan kerontokan rambut akibat masalah genetik atau problem medis lainnya.


Kerusakan akibat kosmetik rambut umumnya berupa batang rambut yang menjadi pecah-pecah, sedangkan kerontokan akibat problem medis sebenarnya disebabkan kerusakan pada tingkat akar atau folikel rambut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian kosmetik rambut tidak meningkatkan risiko terjadinya kerontokan rambut. Hal ini berarti wanita dengan keluhan kerontokan rambut tidak perlu takut untuk menata bahkan mewarnai rambutnya. Yang penting imbangi dengan asupan makanan bergizi untuk kesehatan rambut. Selamat merawat rambut Anda.

Leave a Reply

Silahkan tulis komentar Anda dibawah ini

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Cari Blog Ini

- Copyright © HeDes - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -