Popular Post

Posted by : Henny azalea Sabtu, 06 Maret 2010


Selama ini kebanyakan orang mengolah kacang tanah menjadi kacang goreng, kacang rebus, rempeyek/peyek kacang. Apakah sudah pernah mencicipi kerenyahan kacang oven?






Berikut adalah cara pengolahan kacang oven
Persiapan Alat :
1. Baskom
2. Tampah
3. Oven
4. Blender

Persiapan bahan :
1. Kacang tanah kupas 1 kg
2. Bawang putih ¼ kg
3. Garam 3 sendok makan

Cara pengolahan :
1.Pilih kacang tanah yang baik. Kacang tanah yang baik adalah kacang tanah yang memiliki kenampakan yang bersih (tidak berjamur dan tidak cacat). Jika ditemukan kacang tanah yang cacat atau berwarna hitam atau berjamur, sebaiknya tidak digunakan.
2.Jemur kacang tanah selama sehari. Hal ini penting dilakukan agar kacang oven lebih tahan lama dan dapat mengurangi bau apek.
3.Cuci kacang tanah hingga bersih.
4.Haluskan bawang putih dan garam dengan blender.
5.Campurkan bawang putih yang telah dihaluskan pada kacang tanah hingga merata. Anda dapat memodifikasi bumbu menurut selera Anda.
6.Panaskan oven selama 15 menit. Kemudian masukkan kacang tanah yang telah bercampur bumbu ke dalam rak pada oven. Selama pengovenan, kacang tanah harus dibalik secara kontinyu. Hal ini penting agar tingkat kematangan merata. Gunakan api kecil dan waktu pengovenan yang sesuai untuk menghasilkan kacang oven yang matang dan berwarna kuning keemasan.
7.Setelah kacang matang dan warna tmenjadi kuning keemasan, angkat dan keluarkan kacang dari oven. Biarkan dingin. Setelah dingin segera kemas dengan plastik PP ketebalan 0.5 mm. Pengemasan merupakan tahapan penting untuk menjaga kualitas kacang oven.

Leave a Reply

Silahkan tulis komentar Anda dibawah ini

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Cari Blog Ini

- Copyright © HeDes - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -